Tindakan Pencegahan Kebakaran

Musibah kebakaran yang sering terjadi bisa disebabkan oleh beberapa faktor, faktor kelalaian manusia juga bisa menjadi pemicu terjadinya kebakaran. Kebakaran bisa terjadi karena arus listrik, kompor meledak, karena bensin atau cairan mudah terbakar , dan masih banyak lagi.

Kebakaran merupakan salah satu bencana non alam yang sangat ditakuti oleh sebagian besar masyarakat. Ya, bagaimana tidak, bencana ini memiliki dampak yang sangat besar. Bukan hanya kerugian materi karena rumah dan harta benda lainnya hangus terbakar, namun juga kebakaran bisa menimbulkan korban jiwa.

Walaupun kebakaran bisa terjadi tanpa diduga, namun kita bisa melakukan beberapa langkah untuk mencegah terjadinya kebakaran. Tindakan preventif ini tentu akan sangat membantu Anda dan keluarga dalam menyelamatkan diri serta rumah Anda dari kerugian besar akibat kebakaran. Dan berikut adalah langkah langkah mencegah terjadinya kebakaran.

firefighters-1783349_960_720

Langkah Mencegah Kebakaran

Waspadai Rokok

Bagi mereka yang perokok, tentu harus bisa memastikan abu rokok harus benar benar padam. Sebab, bukan tidak mungkin, kebakaran bisa terjadi dari hal sepele, api yang dianggap kecil memiliki dampak yang besar. Jika merokok dirumah, jangan membuang puntung rokok sembarangan karena bisa memicu terjadinya percikan api.

Hindarkan pemantik dan korek api dari jangkauan anak-anak

Bagi mereka yang memiliki anak kecil harus bisa menghindarkan korek atau benda lain yang bisa mengeluarkan api. Anak kecil bisa saja memainkan korek dan lilin dan percikan api menyambar benda yang mudah terbakar, oleh sebab itu, sebagai orang tua harus bisa menghindarkan benda benda yang bisa menjadi sumber api kepada anak anak. Pengawasan dari orang tua sangatlah penting.

Jauhkan benda yang mudah terbakar dari jangkauan sumber api

Saat ini lilin masih menjadi sumber pencahayaan ketika mati lampu. Namun alangkah baiknya untuk menyimpan lilin ditempat aman, ditempat yang jauh dari benda yang mudah terbakar. Lilin sangat mudah jatuh atau roboh dan mengenai benda-benda sekitarnya, jika lilin jatuh ke benda yang mudah terbakar, ini bisa menjadi pemicu terjadinya kebakaran.

Gunakan alat-alat kelistrikan secukupnya

Masih banyak masyarakat yang menggunakan listrik diluar kewajaran. seperti misalnya menyalakan televisi ketika kita tidur atau tetap menyalakan komputer ketika kita tak menggunakannya. Selain itu, perhatikan juga arus listrik, arus pendek listrik juga bisa menjadi pemicu terjadinya kebakaran.

Rencanakan jalur evakuasi

Anda beserta keluarga harus sudah memeliki jalur evakuasi ketika terjadi kebakaran. Jika anda berusaha memadamkan api terlebih dahulu itu tidak apa apa. Namun jika api membesar dan tidak memungkinkan untuk dipadamkan, anda harus keluar rumah untuk mencari tempat aman. Anda wajib menghubungi pemadam kebakaran untuk memadamkan api.

sumber : http://p2k.pemkomedan.go.id/artikel-7-tips-cara-mencegah-kebakaran.html

Advertisement

Fire_D

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s